Walikota Menjadi Inspektur Peringatan HUT DAMKAR Ke-100 di Kota Samarinda

Walikota Samarinda Syaharie Jaang menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Pemadam Kebakaran Ke-100. Kepada Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk selalu mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan. Hal itu disampaikannya dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Jadi Pemadam Kebakaran ke-100 yang dilaksanakan di Halaman parkir GOR Segiri Samarinda. 

Membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Walikota menyampaikan , peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-100 ini tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, namun lebih dari itu dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang dan dedikasi, serta pengabdian Aparatur Negara dalam melindungi masyarakat serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Peringatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh bangsa Indonesia lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta mengutamakan kepentingan masyarakat, diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat” jelas Walikota. 



“Peran penting Pemadam Kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya akibat kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan bagi manusia” tambah Walikota. 

Terkait Negara Indonesia akan memasuki agenda nasional Pemilihan Presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif secara serentak, Walikota Samarinda Syaharie Jaang Mengingatkan seluruh Aparatur Pemerintahan dan komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

Walikota juga menambahkan, selain tugas dan fungsi pokoknya, Pemadam kebakaran bahkan memiliki tugas tambahan menghadirkan perlindungan masyarakat, mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat, serta tetap siaga melindungi dan mengamankan objek vital Pemerintahan dan masyarakat.

Walikota kembali mengingatkan 3 hal yang harus dioptimalkan oleh Damkar, “Alokasi anggaran yang memadai melalui APBD, menetapkan kelembagaan melalui dinas yang mandiri, dan menguatkan kerangka regulasi melalui peraturan daerah dan/atau peraturan Kepala Daerah,” jelas Walikota. 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan