Yudha Brama Jaya Arti dan Makna Lambang Pemadam Kebakaran

Yudha Brama Jaya

      Yudha Brama Jaya
Arti dan Makna Lambang Pemadam Kebakaran:

1. 5 kelopak Bunga Wijaya melambang kemenangan dalam setiap pelaksanaan tugas pemadaman dan  penyelamatan. 5 kelopak melukiskan 5 sila Pancasila.



2. Tali Melingkar dan Lingkaran melambangkan bahwa tugas Pemadam Kebakaran bagaikan lingkaran yang tak berujung dan tak berpangkal. Tali melukiskan peralatan penyelamatan sebagai kesiagaan dan kesiapan memberi pertolongan kepada korban.

3. 2 tangkai 19 Lidah Api yang menyala melambangkan bahwa bahaya kebakaran selalu mengintai. 19 lidah api melukiskan lahirnya Instansi Pemadam Kebakaran pada tanggal 1 Maret 1919.

4. Air melambangkan terpenuhinya bahan pokok dalam pemadaman kebakaran.

5. Kelengkapan Kerja berupa helm, kampak, pemancar, dan selang melambangkan perlengkapan atau peralatan kerja Pemadam Kebakaran dalam menjalankan tugas pokoknya.

6. Pita bertuliskan YUDHA BRAMA JAYA. YUDHA berarti perang, BRAMA berarti api, JAYA berarti menang. Jadi YUDHA BRAMA JAYA bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan kebakaran.

7. Warna putih, merah, kuning, dan biru. Putih berarti kesucian/kebenaran, merah berarti keberanian/semangat yang membara, kuning berarti kemuliaan/keluhuran hati, dan biru berarti kesetian. 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan