Kebakaran di Klandasan Ulu Balikpapan Menghanguskan Ratusan Rumah dan 3 Orang Meninggal

BALIKPAPAN – Pada pukul 00.15 Wita telah terjadi kebakaran di wilayah RT 11,12, 13, 22, 23 Kelurahan Klandasan Ulu Kecamatan Balikpapan Kota mengakibatkan ratusan rumah hangus terbakar,  Jelang shalat subuh sekitar pukul 04.00 Wita, api berhasil dikendalikan.

Petugas pemadam dan relawan masih terlihat melakukan proses pendinginan di sejumlah titik api. Pemilik rumah dan sejumlah warga terus berdatangan ke lokasi yang terkebakar. Satu titik puing bangunan yang terbakar yang menarik perhatian terletak di RT 12, No 47, Kelurahan Klandasan Ulu. Info dari Nova, tetangga sekitar rumah, tetangganya bernama Sri Aminah (35), Daffa (7) dan Fauzan (3) diduga tewas terpanggang di dalam rumahnya.

Polisi dibantu tim SAR langsung menyisir puing, rumah milik Sri. Benar saja, diceritakan Suryansyah,warga sekitar, polisi langsung mengendus keberadaan jenazah yang tertimbun di bawah seng. “Pas seng dibuka, ada jenazah mamak tengkurap seperti melindungi anaknya,” kata Suryansyah yang ketika itu melihat langsung proses penemuan jenazah.

Ia tak mengetahui pasti, identitas anak yang sedang dipeluk oleh ibunya itu, lantaran tak jauh dari lokasi penemuan juga ditemukan jenazah lain dalam kondisi yang serupa dengan korban lainnya. “Gosong kaya abu, sisa tengkorak aja, tapi pas diangkat ke kantong mayat masih bisa,” lanjut dia.

Ia dan warga lainnya tak mengetahui pasti sosok dan keseharian korban, yang ia tahu, saat kejadian suami korban sedang tidak ada dirumah. Info di lapangan, saat kejadian korban sedang tertidur. Saat hendak menyelamatkan diri, punggung ibu itu tertimpa reruntuhan. Ketiga jenazah langsung dibawa ke RSKD untuk diidentifikasi.



Laporan dari BPBD Kota Balikpapan Menyebutkan

Kebakaran di Kelandasan Klandasan Ulu Kecamatan  Balikpapan Kota. 

Pada pukul 00.15 Wita telah terjadi kebakaran di wilayah RT 11,12, 13, 22, 23 Kel. Klandasan Ulu Kec. Balikpapan Kota, penyebab kebakaran  belum bisa diketahui, dan diperkirakan asal api diduga sementara dari rumah pak Mun. Warga RT 13. Korban MD : Sri dengan 2 orang anak RT 13 Kel. Klandalasan. 

Untuk  kerugian materiil diperkirakan kurang lebih 203 unit rumah dan 1 SD habis terbakar dengan rincian sbb:

* RT 11 lk 5 unit rumah + 1 SD Gajah mada

* RT 12 lk 50 unit rumah 

* RT 13 lk 30 unut rumah 

* RT 22 lk 53 unit rumah 

* RT 23 lk 65 unit rumah

* Kehilangan tempat tinggal 1.113 jiwa 320 KK

Api dapat dipadamkan pada pukul 03.55 Wita oleh Damkar dari BPBD Bpp,  Pertamina,  Total dan TNI serta dibantu oleh masyarakat berjalan dengan aman dan lancar.

Penyebab awal kebakaran berasal dari Rumah bapak Munawar RT 13 Kel. Klandasan Ulu,  kemungkinan arus pendek/listrik.

BPBD menurunkan unit & personil, 16 unit :

1. Upt PBD wil. Barat 

2. Upt PBD wil. Utara 

3. Upt PBD wil. Tengah

4. Upt PBD wil. Selatan 

5. Upt PBD wil. Timur 

6. Upt PBD wil. Kota

7. Unit Rescue 

8. Team Penindak Ops Lap 

Unit bantuan : PDAM, PMI, Total 6 unit, Chevron, TNI AL 1 unit, TNI AD 1 unit Tangki Air, Pertamina  3 unit, Balakarcana, 4×4 Rescue Supports, Basarnas. 

Team di TL : BPBD, PDAM, PMI, Total, Chevron, TNI AL, TNI AD,  Pertamina, Balakarcana, 4×4 Rescue Supports, Basarnas, Tagana, Banda,  Polres, Kodim, PPM, Satpol PP, Pemuda Pancasila, Rapi, Senkom. 

Demikian sebagai laporan pendahuluan, perkembangan kami laporkan lebih lanjut,  terima kasih.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan