Kapal LCT Pengangkut Minyak Terbakar di Perairan Perairan Sungai Mahakam, Anggana

Warga Kampung Kajang, desa Sungai Meriam, Kecamatan Anggana, Kamis (16/11) digemparkan dengan terbakarnya sebuah kapal LCT di perairan Sungai Mahakam sekitar jam 17.30 WITA. 

Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Paur Subag Humas Iptu Aha Badulu mengatakan, kapal yang terbakar itu adalah kapal LCT Mitra Kaltim yang tengah sandar di RT 18 Desa Sungai Mariam, tepatnya di kawasan Kampung Kajang. 

“Yang pasti tidak ada korban jiwa pada insiden kebakaran kapal ini. Hanya saja, kerugian material akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 200 juta,” terang Aha. 



Dari keterangan para saksi yang dihimpun petugas Polsek Anggana, lanjut Aha, terbakarnya kapal LCT tersebut berawal ketika salah seorang ABK (Anak Buah Kapal) bernama Ahmad Yani (37) hendak menghidupkan genset di bagian depan dek kapal. 

Setelah mesin genset hidup, Ahmad Yani kemudian mencolokkan kabel untuk menyalakan lampu kapal. “Namun tiba-tiba muncul percikan api yang kemudian menyambar selang alkon yang masih terdapat sisa minyak solar,” jelasnya. 

Api kemudian merembet ke dalam tangki nomor 1 di bagian depan berisi bahan bakar minyak. Tak hanya itu, api juga merembet melalui selang ke daratan yang terdapat 5 buah tandon plastik yang juga berisi bahan bakar. Tak pelak api pun berkobar hebat hingga mengeluarkan kepulan asap hitam

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan