Sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Dalam Memperingati HUT DAMKAR Ke-99 di Ambon

Perayaan HUT Pemadam Kebakaran (Damkas) Nasional ke-99 dipusatkan di Ambon. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta legislatif dan eksekutif memperhatikan kesejahteraan petugas damkar seluruh Indonesia.

“Yang terhormat, DPR, baik di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, kepada gubernur, Badan Perencanaan Anggaran, kepada Wali Kota dan Bupati, tolong tingkat dan perhatikan kesejahteraan jajaran petugas kebakaran karena tugas mulia kebakaran layak diperhatikan. Baik menyangkut kartu BPJS, Kartu Pintar, Kartu Sehat, termasuk hal-hal terkait dengan kesejahteraan yang lain,” kata Tjahjo di Lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (1/3/2018).

Tjahjo juga meminta damkar berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu, mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman kejadian kebakaran. Hal tersebut merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan amanah Nawacita pertama, yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindung segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

Mendagri Tjahjo Kumolo berpesan Pilkada Serentak 2018 dilaksanakan dengan demokratis dan menjaga persatuan. Selain itu, ia meminta petugas damkar ikut menjaga Pancasila.



“Mari kita jaga pesta demokrasi, memilih kepala daerah yang amanah, yang mampu memimpin daerah, yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mampu mempercepat pembangunan yang ada di daerah,” kata Tjahjo saat memberikan sambutan HUT Pemadam Kebakaran Nasional ke-99 yang dipusatkan Lapangan Mardeka, Ambon, Kamis (1/3/2018).

“Kita tegaskan, kalaupun aroma dan suasana memasuki pileg dan pilpres, pilkada ini adalah memilih kepala daerah. Mari tingkat partisipasi masyarakat. Ukuran sukses dan tidaknya pilkada serentak berjalan dengan baik. Kedua, mari lawan politik uang, jangan sampai dilakukan para pelaku pengambil kebijakan, tim sukses maupun calon pilkada. Politik uang adalah racun demokrasi yang harus kita lawan. Yang ketiga, mengharapkan kepada seluruh calon peserta pilkada untuk kampanye dengan tertib dan sejuk menggerakkan masyarakat pemilih, mari adu konsep, adu gagasan, adu ide untuk membangun daerah yang akan dipilihnya,” sambungnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia bagi para personil damkar yang ditunjang oleh pemerintah pusat dan khususnya pemerintah daerah, karena melihat prioritas tugas dari damkar merupakan suatu urusan wajib.

Ke depannya Damkar Indonesia juga diharapkan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, melihat kemajuan zaman yang secara tidak langsung mempengaruhi tingkat bahaya yang dihadapi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan