Mendagri Pastikan Alokasi Anggaran Pemadam Kebakaran Jadi Prioritas

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyayangkan alokasi anggaran daerah yang belum menyertakan penanganan kebakaran sebagai prioritas. Padahal, penanganan kebakaran sama pentingnya dengan pemenuhan kebutuhan dasar lain seperti pendidikan dan kesehatan.

“Di beberapa daerah yang kami cek, belum menjadi skala prioritas sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang, ini yang dipercepat,” kata Tjahjo dalam acara Rakornas Pemadam Kebakaran di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

“Perhatian eksekutif dan legislatif, baik pusat maupun daerah yang terkadang masih menempatkan pemadam kebakaran hanya sebagai beban dalam distribusi anggaran, apalagi dihadapkan dengan kemampuan daerah,” lanjutnya.



Penanganan kebakaran, lanjut dia, harus menjadi salah satu prioritas dalam penyusunan APBD. Karenanya, Tjahjo menugaskan Dirjen Bina Administrasi Wilayah dan Dirjen Keuangan Daerah untuk memeriksa skala prioritas dalam APBD di setiap daerah.

“Tolong Pak Dirjen untuk mengoreksi anggaran mana-mana yang menjadi skala prioritas, mana-mana yang tidak, sebagaimana layaknya kedua urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar,” kata dia.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga akan menyiapkan formula pengaturan pembiayaan terkait kelembagaan yang mewadahi urusan kebakaran sebagai sebuah dinas yang mandiri, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Harapan kami segera menyiapkan formula dan pengaturan pembiayaan pemadam kebakaran dalam APBD provinsi maupun kota/kabupaten,” ujar Tjahjo.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan